Word of Mouth, strategi jitu untuk tingkatkan penjualan!

Produk kamu bisa dipromosikan dan dipasarkan oleh banyak orang tanpa perlu keluar duit sepeser pun? Bisa banget! Ini adalah keuntungan dan cara kerja strategi WOM (Word of Mouth), salah satu teknik marketing terefektif dalam menggaet konsumen. Prinsipnya adalah, konsumen yang puas dengan produkmu akan menyebarkan testimoni ke orang lain, mengajak orang tersebut membeli produkmu, dan begitu seterusnya. Oleh karena itu, strategi WOM ini sering juga disebut dengan istilah ‘dari mulut ke mulut’.

Kenapa strategi WOM bisa efektif? Orang cenderung lebih percaya dengan promosi orang terdekatnya dibandingkan dengan promosi sales atau perusahaan. Alasannya, tentu saja karena relasi dan kepercayaan satu sama lain membuat seseorang lebih yakin kalau dirinya tidak akan ditipu oleh orang terdekat hanya untuk membeli sebuah produk.

Strategi WOM ini tentunya dapat memberikan banyak keuntungan pada kamu sebagai pemilik usaha. Kamu bisa mendapatkan promosi gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya. Selain itu, nama baik usahamu juga terbangun seiring dengan bertambahnya testimoni positif tentang tokomu. Nantinya, tentu saja brand toko/usahamu akan menjadi lebih populer dari sebelumnya.

Nah, pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara menerapkan strategi ini? Hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah : Memastikan pelangganmu puas! Puas di sini tidak hanya berbicara tentang kualitas produk, tetapi juga pelayanan yang kamu berikan. Pelanggan yang merasa terbantu dan teruntungkan karena membeli produk di tokomu, tentunya tidak akan keberatan untuk memberikan testimoni positif kepada temannya yang memiliki kebutuhan yang sama. Kamu juga bisa mendorong pelanggan untuk memberi testimoni dengan memberikan hadiah/apresiasi kepada pelanggan yang membawa temannya ke tokomu. Jika mereka senang, maka hampir dipastikan strategi ini akan berjalan lancar!

Lancarnya strategi WOM berkaitan erat dengan tingkat layanan yang kamu berikan pada pelanggan. Oleh karena itu, pastikan toko kamu selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk setiap pelanggan yang datang, karena siapa tahu, mereka bisa jadi sales gratis untuk kamu! Untuk memastikan pelayanan toko maksimal, pastikan terlebih dahulu bahwa manajemen toko sudah berjalan dengan baik. Tahu kah kamu kalau di jaman sekarang, sudah banyak teknologi yang dapat membantu kamu mengelola manajemen toko dengan lebih efisien? Kamu bisa klik disini untuk cari tahu lebih lanjut.