Apakah kamu sudah menentukan target pasarmu?
Atau justru kamu merasa target pasar itu tidak penting?
Yuk, mulai tentukan target pasar karena itu hal yang sangat penting bagi usaha kamu! Dengan adanya target pasar, kamu bisa mendapatkan pelanggan yang sesuai dengan kebutuhan usahamu. Jika usahamu elektronik, tidak mungkin kalau target pelanggan yang kamu sasar justru yang senang belanja baju, bukan? Tentu saja harus yang sesuai, yaitu pelanggan yang membutuhkan dan senang berbelanja elektronik. Oleh karena itu, penentuan target pasar merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis. Bagaimana caranya untuk menentukan target pasar? Yuk simak tahapannya!
- Segmentation, Targeting, dan Positioning
Pada tahapan ini, kamu perlu menentukan target berdasarkan lokasi, gaya hidup, usia, dan lain-lain. Dengan menerapkan segmentasi yang tepat, target kamu akan jauh lebih tepat sasaran sesuai dengan usaha yang kamu miliki.
- Riset Pasar
Pada tahapan ini, kamu diharuskan untuk melakukan riset pasar yang tujuannya adalah agar kamu mengetahui pesaing kamu berada di tahapan apa dan apa yang membuat produkmu unik dibandingkan pesaing yang ada di pasar.
- Evaluasi Pasar
Setelah STP dan riset, kamu pastinya sudah melakukan tes pasar apakah pelanggan kamu sesuai atau tidak dengan target yang kamu miliki. Pada tahapan selanjutnya, kamu bisa mengevaluasi pasar, apakah terjadi peningkatan tiap minggu dan tiap bulan terhadap usahamu.
Setelah kamu mengikuti tahapan ini, pastikan kamu bisa menerapkannya dengan baik. Jika usahamu memiliki target pasar yang tepat, kamu akan merasakan perbedaan pada penjualan usahamu, terutama jika pelanggan kamu membeli lebih dari 1 kali. Selain pentingnya target pasar, mengelola stok gudang juga tak kalah penting. Untuk info lebih lanjut, klik di sini.