Branding itu penting gak sih? Seberapa krusial branding dalam bisnis? Bukankah semakin simple brand yang kita punya, akan semakin mudah diketahui konsumen?
Nah! Sebelum kita kulik pertanyaan tersebut, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui apa arti dari Brand. Menurut Kotler (2012), brand adalah nama lain dari merek, yang mana sebuah istilah, nama, tanda, symbol, desain, atau kombinasi dari beberapa hal tersebut untuk mengidentifikasi suatu barang dan jasa yang dimiliki oleh pemilik usaha.
Branding bisa dikatakan hal yang sangat penting karena untuk membangun suatu brand membutuhkan usaha yang sangat besar. Tujuannya adalah agar konsumen mengerti tentang brand dari para pemilik usaha dan paham akan produk atau jasa apa yang ditawarkan. Pemilihan suatu nama brand merupakan hal yang sangat penting, semakin unik nama brand yang dimiliki maka semakin menarik pula di pemikiran konsumen. Contohnya Canva, sebuah platform dimana kita bisa gunakan secara gratis dan berbayar untuk mendesign sebuah kanvas kosong yang akan kita ubah menjadi apapun yang kita mau, seperti membuat resume, CV, proposal, dan sebagainya. Pemilihan nama brand Canva sendiri tepat sasaran sehingga konsumen mudah untuk menghafal dan mengerti maksud dan tujuan bisnis dari platform Canva.
Selain pemilihan nama brand, sebuah logo merupakan hal yang penting. Contohnya logo dari LG, pemilihan dan design dari logo tersebut cukup simple, hanya mengkombinasikan huruf L dan G serta menambahkan mata saja pada logonya. Tetapi cukup menggambarkan nama brand LG yang mana konsumen akan semakin mudah menghafal dalam pemikiran mereka. Warna dari suatu brand termasuk penting, pastikan brand kamu punya warna yang tidak terlalu mencolok ya! Tidak semua konsumen menyukai warna yang mencolok, terkadang bagi mereka warna yang terlalu mencolok itu tidak bagus. Pastikan kamu memilih warna brand yang warm tone.
Jadi bisa dikatakan bahwa brand itu merupakan hal yang krusial ya dalam bisnis. Bagaimana sih caranya membangun branding yang kuat? Pertanyaan bagus nih!
Cara membangun branding yang kuat adalah dengan marketing atau pemasaran. Semakin kuat kamu melakukan pemasaran secara online maka semakin kuat branding yang kamu punya. Jangan lupa untuk bangun relasi ya supaya brand usaha kamu semakin banyak dikenal konsumen! Pemasaran online saat ini memang sering dilakukan oleh para pemilik usaha, terutama di Indonesia yang sudah memasuki era digitalisasi. Oleh karena itu, cara pemilik usaha untuk menyampaikan brand dan bisnis yang dimiliki agar diketahui seluruh wilayah Indonesia adalah dengan pemasaran online karena tidak perlu repot untuk datang ke wilayah satu ke wilayah yang lain. Pemasaran online dapat dilakukan dengan promosi di social media, bergabung dengan platform e-commerce, membayar digital ads, dan sebagainya. Jangan lupa pakai visual dan caption yang menarik ya!
Kalau usaha kamu udah dikenal konsumen, pastikan kamu bergabung dengan Dirigo ya agar pengelolaan usaha lebih maksimal.