Pastikan Terus Eksis di mata pelanggan dengan Strategi Ini!

Kenapa sih eksis di mata pelanggan itu penting?
Di era digital ini, banyak bisnis baru yang memiliki produk serupa, tokomu yang semula ramai bisa jadi hilang dari daftar prioritas pelanggan. Oleh karena itu, kamu perlu pastikan bahwa tokomu selalu eksis di mata konsumen. Pertanyaannya, bagaimana caranya?

Ada banyak cara untuk membuat bisnismu eksis, namun salah satu strategi yang paling ampuh adalah dengan beriklan. Iklan merupakan salah satu media komunikasi untuk menyampaikan pesan pada masyarakat maupun target market usaha. Dengan beriklan, kamu bisa berkomunikasi baik dengan pelanggan lamamu maupun calon konsumen dan membuat tokomu eksis dari waktu ke waktu.

Walaupun strategi ini ampuh, kamu perlu pastikan cara kamu melakukannya sudah tepat, karena jika tidak, bukannya untung, bisa jadi kamu justru akan rugi karena membayar biaya beriklan dan tidak mendapatkan hasil yang sesuai. Pastikan beberapa hal berikut sebelum kamu memutuskan untuk beriklan.

1. Pastikan Iklan Yang Kamu Pasang Memperkenalkan Produkmu.
Banyak iklan di era modern ini hanya menekankan fokus pada potongan harga. Bukannya tidak boleh, tetapi kamu perlu tahu bahwa konsumen tentunya tidak akan membeli barang/produk yang tidak memberikan benefit yang setimpal dengan harga barang tersebut. Karena itu, dibandingkan dengan berfokus pada harga, lebih baik jika iklanmu berfokus untuk memperkenalkan produk/perusahaanmu sehingga konsumen dapat mengerti kegunaan yang akan ia peroleh sesudah membeli.

2. Pastikan Iklan Tersebut Menggugah Konsumen Untuk Mencoba.
Iklan yang baik tidak hanya dapat memberikan pengetahuan tentang produk pada calon konsumen, tetapi juga menggerakkan aspek emosional konsumen untuk membeli. Kamu bisa menggunggah keinginan konsumen membeli dengan menawarkan keuntungan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Pastikan Iklan Mendorong Terjadinya Penjualan.
Menggugah keinginan beli konsumen saja tidak cukup, iklan yang baik seharusnya mampu mendorong konsumen hingga melakukan transaksi atau pembelian. Pastikan ‘call to action’ pada iklan tersebut jelas dan calon pelanggan bisa dengan mudah mengerti cara dan di mana ia harus melakukan pembelian.

4. Pastikan Iklan Tersebut Tidak Menurunkan Citra Produk/Perusahaan.
Promosi dan potongan harga memang dapat meningkatkan keinginan konsumen untuk membeli, tetapi jangan sampai konten iklan tersebut justru berdampak buruk terhadap citra produk/perusahaan di masa yang akan datang.

5. Pastikan Iklan Sudah Sesuai Dengan Target Pasar.
Poin ini merupakan salah satu poin terpenting dalam beriklan. Suatu produk biasanya tidak dibuat untuk semua orang, karena kebutuhan setiap orang pastinya berbeda. Pastikan iklan yang kamu buat sudah sesuai dengan gaya bicara dan kebutuhan target market dari produk/perusahaanmu.

Wah, ternyata banyak banget hal yang harus diperhatikan sebelum beriklan! Beriklan memang strategi yang bagus, namun memerlukan modal yang tidak sedikit. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah memikirkan matang-matang apakah iklanmu sudah memenuhi semua aspek penting iklan yang baik atau belum. Memikirkan hal ini mungkin akan menyita banyak waktumu, karena itu pastikan pekerjaanmu tetap aman terkendali sembari mempersiapkan strategi beriklan, ya. Apabila waktumu habis untuk memikirkan strategi beriklan dan akhirnya kamu tidak sempat mengelola administrasi toko, kamu bisa menggunakan teknologi yang dapat mengefisiensikan waktu kerjamu. Klik disini untuk cari tahu lebih lanjut.