Digitalisasi merupakan hal yang sangat penting dalam berbisnis, terutama bagi para UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya ke wilayah yang lebih luas. Berdasarkan Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, UMKM memberikan kontribusi kepada PDB sebesar 61% pada tahun 2020. Oleh karena itu, UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam pereknomian Indonesia.
Saat ini, beberapa UMKM di Indonesia sudah memasuki sistem digitalisasi, contohnya dengan berjualan di marketplace maupun sosial media. Namun tidak banyak pula UMKM di Indonesia yang masih bingung untuk beralih ke digitalisasi karena kurangnya pemahaman teknologi. Seperti yang kita semua ketahui bahwa perkembangan teknologi, terutama di Indonesia sudah sangat cepat sehingga tidak mudah bagi sebagian orang untuk selalu mengikuti perkembangan tersebut.
Digitalisasi UMKM dapat membantu kegiatan pemasaran maupun operasional dari masing-masing usaha UMKM, manfaatnya adalah sebagai berikut:
1. Beradaptasi dengan kondisi pasar
2. Efisiensi biaya
3. Jangkauan pasar yang lebih luas
4. Meningkatkan pendapatan
5. Mempermudah transaksi
6. Pengembangan bisnis
UMKM dapat melakukan digitalisasi dengan cara yang mudah, salah satunya adalah dengan menggunakan software untuk kegiatan usaha, terutama dalam operasionalnya. Dengan menggunakan software, para UMKM dapat lebih mudah dalam mengatur segala aspek bisnis. Oleh karena itu, para UMKM dapat fokus kepada pengembangan bisnisnya saat ini. Untuk mengetahui lebih lanjut, klik di sini.