Kenali Kecenderungan Pelanggan di Bulan Ramadhan!

Tinggal hitungan hari hingga hari raya tiba. Tahukah kamu jika hari raya ini ternyata juga memberikan dampak besar terhadap perilaku masyarakat, termasuk juga konsumen tokomu? Pastikan kamu mengenali perubahan perilaku pelangganmu agar strategi yang diterapkan tokomu juga tepat. Catat baik-baik! Berikut 5 perubahan sikap konsumen yang bisa jadi peluang buat kamu.

1. Lebih Banyak Istirahat
Menjelang bulan Ramadhan, biasanya umat muslim menjalankan ibadah puasa. Perubahan pola makan saat puasa ini menyebabkan orang Indonesia yang biasanya makan 3x sehari menjadi 2x sehari, saat sahur dan buka puasa. Waktu jam makan siang yang biasanya digunakan untuk makan menjadi kosong saat puasa. Hal ini menyebabkan banyak orang memilih untuk tidur siang dan beristirahat.

2. Lebih Dermawan & Spiritual
Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dianggap suci oleh umat muslim. Hal ini tidak hanya membuat banyak orang menjadi lebih spiritual, banyak orang juga memiliki motivasi lebih untuk bersedekah. Menurut Think Ramadhan With Google, kata kunci zakat mengalami peningkatan pencarian drastis selama bulan Ramadhan.

3. Lebih Sering Online
Menurut data dari Global Web Index, orang-orang Indonesia menghabiskan 4 jam 20 menit setiap harinya untuk mengakses internet melalui perangkat mobile selama bulan Ramadhan. Pada tahun 2017, jumlah konsumsi internet oleh perangkat mobile meningkat 20% dibandingkan tahun sebelumnya! Wah waktunya siapkan strategi digital untuk tokomu dong.

4. Lebih Memprioritaskan Keluarga
Tidak hanya identik dengan spiritual, bulan Ramadhan juga identik dengan keluarga. Di bulan ini, banyak orang cenderung memprioritaskan waktu mereka untuk dihabiskan bersama keluarga. Libur menjelang Ramadhan juga banyak dimanfaatkan untuk mudik atau pulang kampung bagi orang-orang yang merantau.

5. Lebih Sering Cari Promo
Bulan Ramadhan tidak hanya dinanti oleh umat muslim saja, tetapi juga umat non-muslim. Sebabnya, tidak lain tidak bukan adalah banyaknya promo dan potongan harga yang ditawarkan untuk turut meramaikan bulan Ramadhan. Strategi ini juga cukup ampuh dalam meningkatkan penjualan toko. Apabila tokomu membutuhkan sistem yang dapat mendukung tokomu dalam melakukan berbagai macam promosi, kamu bisa cek dirigo.id