Kinerja UMKM pada tahun 2021 sudah lebih baik dibandingkan pada tahun sebelumnya. Meskipun dalam kondisi pemulihan ekonomi di Indonesia akibat pandemic covid19, 84,8% UMKM Kembali beroperasi secara normal, 8,1% beroperasi secara terbatas dan 7,2% berhenti beroperasi (Survei Mandiri Institute, April 2021).
Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk memulihkan UMKM adalah dengan memaksimalkan vaksinasi covid19 dan menjaga protokol Kesehatan dengan disiplin. Akibat pandemi covid19, para pelaku usaha UMKM sedikit sulit beroperasi seperti umumnya. Oleh karena itu, dengan didukungnya era digitalisasi diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan operasional usaha UMKM Indonesia.
Saat ini, Indonesia memiliki visi, yaitu Making Indonesia 4.0. Yang mana, para pelaku usaha sudah mulai beradaptasi dengan era digital dan mengintegrasikan usaha mereka dengan digital. Menurut Stafsus Kemenkop dan UKM Bapak Agus Santoso, pelaku UMKM yang mulai beradaptasi dan menggunakan digitalisasi mencapai 13,7juta dari 64 juta pelaku UMKM di Indonesia.
Pemerintah Indonesia memiliki target 30juta pelaku UMKM diharapkan sudah menggunakan digitalisasi dan online pada akhir tahun 2024. Para pelaku usaha UMKM tidak perlu bingung dan pusing jika menggunakan digitalisasi karena kemudahan yang ditawarkan beragam, mulai dari pembayaran di marketplace atau e-commerce, e-wallet, dan sebagainya.
Pemerintah dan Bank Indonesia tidak putus dalam mendorong para pelaku UMKM untuk go digital dan mulai less cash society. Pandemi covid19 membuat para pelaku usaha UMKM terbatas dalam berinteraksi dengan konsumen, padahal penting untuk para pelaku usaha UMKM mengetahui kondisi pasar secara langsung, contohnya pada saat mengikuti pameran dari pemerintah. Tetapi hal tersebut sulit dilakukan karena adanya pandemic covid19, oleh karena itu, para pelaku usaha UMKM bangkit dengan cara berjualan dan memasarkan produk usaha melalui marketplace atau e-commerce.
UMKM memiliki potensi yang sangat besar dan memiliki peran penting dalam perekonomian di Indonesia. Maka dari itu, dengan usaha yang dilakukan oleh para pelaku UMKM yang mulai go digital, diharapkan dapat membuat ekosistem industri berkembang dengan pesat dan memiliki dampak yang positif pada seluruh pihak, terutama masyarakat Indonesia.