Tahun 2020 bukan merupakan tahun yang menyenangkan bagi sebagian besar pebisnis. Pasalnya, di tahun ini, wabah virus Covid-19 yang menyebar ke seluruh penjuru dunia menggoncangkan pasar bisnis di semua negara. Di saat seperti ini, adaptasi pada perubahan merupakan hal yang harus dilakukan, seperti apa yang Nike lakukan.
Nike merupakan brand sepatu & pakaian olahraga asal Amerika Serikat. Perusahaan ini berhasil mencatat kenaikan pendapatan secara signifikan pada kuartal I 2020. Hal ini tidak lain dikarenakan oleh sadarnya Nike akan perubahan kebiasaan konsumen. Sebelumnya, orang cenderung pergi ke toko fisik sebelum membeli sesuatu, tapi sejak pandemi Covid-19 muncul, kebanyakan orang cenderung membeli sesuatu secara online.
Perubahan ini ditangkap dengan baik oleh Nike Inc dan membuat perusahaan tersebut berhasil mengalami kenaikan sebesar 82% dalam penjualan online. Beberapa tahun terakhir, perusahaan telah menarik diri dari department store dan gerai grosir lain dengan berinvestasi pada toko yang lebih kecil, yakni Nike Live.
Semua pengusaha tentunya ingin mengalami kenaikan penjualan, apalagi ketika krisis melanda. Namun, seperti Nike, kamu perlu memastikan bahwa kamu tahu dan update tentang trend dan perubahan kebiasaan customer usahamu. Pertanyaannya, bagaimana caranya tahu trend customer?
Ini adalah kunci jawaban untuk tahu perubahan trend customer : Pastikan semua transaksi kamu tercatat dengan rapi. Data penjualan usahamu merupakan kunci jika ingin melakukan analisis. Adanya laporan harian penjualan juga dapat membantu kamu. Kini pembuatan laporan harian tidak lagi harus menyita waktumu. Banyak layanan teknologi yang tersedia untuk membantu memberikan laporan harian maupun pencatatan transaksi tokomu dengan harga yang terjangkau, bahkan gratis. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa klik di sini