Riset pasar biasa dilakukan oleh pemilik usaha ketika akan menjalankan suatu bisnis. Dengan adanya riset pasar, para pemilik usaha dapat mengetahui bagaimana peluang bisnis yang akan dijalankan. Terdapat empat fungsi riset pasar yang dapat kamu lakukan sebagai pemilik usaha, yaitu:
- Evaluating – Melakukan evaluasi terhadap pasar
- Understanding – Memahami dan mempelajari kebutuhan konsumen
- Predicting – Memprediksi kondisi lapangan dan disesuaikan dengan usaha
- Controlling – Melakukan pemantauan dan pengawasan
Masing-masing fungsi memiliki tujuan yang sama, yaitu mengetahui dengan baik bagaimana hasil analisis riset pasar yang telah dilakukan. Dengan riset pasar, kamu bisa memperoleh informasi dari pasar yang ingin kamu tuju, terutama dengan tingkat kebutuhan produk dari konsumen. Disisi lain, kamu lebih mengenal karakter konsumen pada sektor usaha yang akan kamu jalankan sehingga kamu bisa memilih strategi yang tepat. Dengan mengenal karakter konsumen, kamu akan mengetahui bagaimana feedback dari pasar terhadap produk yang akan kamu tawarkan sehingga kamu bisa mengetahui apa saja yang perlu kamu revisi. Oleh karena itu, penting bagi para pemilik usaha untuk menganalisis efektivitas marketing dengan melakukan riset pasar.
Riset pasar memiliki proses yang harus kamu perhatikan, tidak bisa kamu melakukan riset pasar tanpa prosesnya, berikut adalah proses riset pasar:
- Melakukan rumusan masalah
- Menentukan tujuan dari riset pasar
- Mengumpulkan data
- Menganalisa data
- Interpretasi hasil
Dengan begitu, kamu bisa memiliki usaha dan menjalankannya dengan tepat. Untuk memudahkanmu dalam menjalankan suatu usaha, ada baiknya jika kamu memanfaatkan software. Untuk info lebih lanjut, klik di sini.