Sebagai pemilik usaha, pasti kamu memiliki berbagai jenis pelanggan dengan berbagai jenis karakteristiknya. Jika kamu belum mengetahui bagaimana karakter jenis pelangganmu, kamu belum bisa dikatakan dapat menanggapi pelanggan tersebut dengan baik. Namun, apabila kamu sudah mengetahui, maka kamu akan mengerti bagaimana menanggapi pelanggan tersebut. Oleh karena itu, mimin kasih bocoran jenis-jenis pelanggan usaha yang dapat kamu temui ketika menghadapi mereka ya, berikut ulasannya:
- Pelanggan eksternal, yaitu pelanggan yang menggunakan produk kamu dari suatu perusahaan. Kamu bisa menyebutnya dengan konsumen.
- Pelanggan internal, yaitu pelanggan yang membeli produk kamu dan dijual kembali. Dalam istilah bisnis, pelanggan internal disebut sebagai Distributor, Supplier, atau Reseller.
- Pelanggan antara, yaitu pelanggan yang berperan sebagai perantara produk pada suatu kelompok atau individu. Pada umumnya, pelanggan antara dapat disebut dengan makelar.
Selain jenis-jenis pelanggan, kamu bisa mengetahui karakteristiknya agar dapat menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan. Berikut karakteristik pelanggan yang dapat kamu temui,
- Pelanggan baru, yaitu pelanggan yang paling sering mengajukan pertanyaan, tetapi bisa berpotensi menjadi pelanggan atau hanya menanyakan sekedar penasaran saja.
- Pelanggan potensial, yaitu pelanggan yang tertarik dengan produk kamu dan dapat menjadi pelanggan yang setia.
- Pelanggan hemat, yaitu pelanggan yang sering menanyakan tentang produk mana saja yang sedang diskon.
- Pelanggan setia, yaitu pelanggan yang sudah cocok dengan produk kamu dan tidak ingin berpindah kepada produk maupun merek lain.
Apakah kamu semakin memahami bagaimana pelanggan yang ada di usahamu?
Alangkah lebih baiknya jika kamu dapat menyimpan data pelanggan agar kamu bisa selalu memberitahukan mereka tentang informasi terbaru mengenai produk usahamu. Untuk mengetahui lebih lanjut, klik di sini.